Mengapa Anak Mudah Terserang Demam ?

Mengapa Anak Mudah Terserang Demam ?

Anak No Comments on Mengapa Anak Mudah Terserang Demam ?

Sekitar 30% pasien yang berkunjung ke dokter adalah anak-anak yang terserang demam. Demam memang salah satu masalah kesehatan yang paling sering di derita oleh anak-anak. Maka tak heran banyak orangtua yang bertanya-tanya Mengapa Anak Mudah Terserang Demam ? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan para orangtua simak penjelasannya berikut ini.

Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Anak dapat dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat celsius. Apabila demam pada anak tidak segera diturunkan, maka akan menyebabkan sawan atau kejang demam. Maka dari itu untuk para orangtua yang anaknya mengalami demam, segeralah atasi demam tersebut dengan memberikan Obat Penurun Demam Anak. Dengan memberikan anak obat, maka sawan atau kejang demam bisa dicegah sedini mungkin.

Mengapa Anak Mudah Terserang Demam ?
Anak mudah terserang demam karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga mudah sekali terserang sakit termasuk demam. Namun para orangtua tak usah khawatir karena demam yang dialami oleh anak ternyata memberikan manfaat, manfaat tersebut diantaranya :

  • Dengan adanya demam, berarti ini menginformaskan kita bahwa anak sedang terkena virus, bakteri dan juga parasit. Ketiak tubuh terserang virus, bakteri dan juga parasit maka suhu tubuh akan naik untuk mengikatkan pertahanan tubuh dan melawan infeksi tersebut.
  • Dengan adanya demam, akan menurunkan kadar zat besi. Kadar zat besi ini merupakan tumpuaan virus, bakteri danjuga parasit utnuk berkembang di dalam tubuh. Jadi jika kadar zat besi diturunkan, virus, bakteri dan parasit tidak bisa berkembang di dalam tubuh.
  • Dengan adanya demam dapat meningkatkan produksi interferon dan bahan antivius lainnya yang bisa menambah kekebalan tubuh dan daya tahan terhadap serangan virus, bakteri dan parasit.

Sedangkan untuk gejala dari demam itu sendiri tergantung kepada penyebabnya. Dan berikut ini ada beberapa gejala demam yang umum terjadi pada anak-anak :

  1. Sakit kepala.
  2. Menggigil.
  3. Batu-batuk.
  4. Berkeringat dingin.
  5. Sakit tenggorokan.
  6. Sakit pada telinga.
  7. Diare dan muntah-muntah.
  8. Sakit pada otot.
  9. Kehilangan nafsu makan.
  10. Merasa kelelahan.

Selain memberikan anak obat, para orangtua juga bisa melakukan beberapa tindakan sederhana seperti rajin mengontrol suhu tubuh anak dengan termomtere, kompres anak dengan menggunakan air hangat, pakaikan anak pakian yang tipis, jangan memakaikan anak pakian dan selimut yang tebal, berikan anak cukup cairan baik itu ASI maupun air putih, Istirahatkan anak, serta usahakan anak untuk tetap makan.

Incoming search terms:

  • mengapa anak sering demam

Author

Leave a comment

Back to Top